Jumat, 08 April 2011

Tugas Soffskill3

01. Jelaskan mengenai neraca menurut yang anda ketahui!
02. Per tanggal berapa Neraca disajikan? Mengapa?
03. Bagaimana persamaan keseimbangan untuk suatu neraca?
04. Mengapa Laporan tahunan menyajikan Neraca, Lap L/R dan arus kas lebih dari 1 tahun. Jelaskan!
05. Sebutkan jenis-jenis kewajiban perusahaan

Jawabnya Adalah:
01. Neraca atau laporan posisi keuangan (balance sheet or statement of financial position) adalah bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entitas tersebut pada akhir periode tersebut. Neraca terdiri dari tiga unsur, yaitu asetliabilitas, dan ekuitas yang dihubungkan dengan persamaan akuntansi berikut:


Informasi yang dapat disajikan di neraca antara lain posisi sumber kekayaan entitas dan sumber pembiayaan untuk memperoleh kekayaan entitas tersebut dalam suatu periode akuntansi (triwulanancaturwulanan, atau tahunan).

02. Neraca disajikan per tanggal 31 Desember pada tiap tahunnya  karena  itu merupakan rekapitulasi dari tahun berjalan pada kegiatan usaha tersebut juga untuk mengetahui kegiatan pada perusahaan mendapatkan keuntungan atau kerugian sehingga para pembuat keputusan dapat dengan segera ambil keputusan dengan berpedoman pada neraca tersebut.
03. Dengan melihat pada sisi aktiva dan pasiva serta modalnya, kemudian kita dapat menghitung pada sisi pasiva bila dengan membandingkan antara kewajiban dan modal pada perusahaan tersebut. Setelah itu kita akan melihat bahwa hasil yang diperoleh apakah telah sesuai dengan 4 penilaian, Yaitu:
a. Likuid dan Solvabilitas;
b. Ilikuid dan Solvabilitas;
c. Likuid dan Isolvabilitas;
d. Ilikuid dan Isolvabilitas.
04. Agar para pemegang keputusan dapat melihat bahwa apakah ada peningkatan atau penurunan pada kegiatan operasional pada perusahaan pada tahun sebelum atau berjalan. Selain itu juga para pemegang keputusan dapat memberikan kesimpulan yang dapat memungkinkan untuk dilaksanakannya oleh para manajemen.
05. Jenis-jenis kewajiban perusahaan adalah sebagai berikut:
a. Kewajiban jangka Pendek, terdiri atas:
1 Hutang Niaga/ Account Payable;
2 Wesel bayar;
3 Hutang Bank/ Bank Payable;
4 Hutang Pajak;
5 Pendapatan yang ditangguhkan/ Devered Revenue.
6 Deviden yang harus dibayar/ Devidens Payable;
7 Biaya yang masih harus dibayar/ Accrued Payables;

b. Kewajiban Jangka panjang;
meliputi semua hutang perusahaan yang dalam tahun buku berikutnya belum harus dilunasi. Pinjaman-pinjaman hipotek dan juga obligasi dalam berbagai bentuk, yang dalam tahun buku berikutnya belum jatuh tempo, tergolong sebagai hutang jangka panjang.
c. Kewajiban lain-lain

Tidak ada komentar: