Jumat, 05 November 2010

Konsep Sistem Informasi Manajemen

Saat ini belum ada kesepakatan terhadap istilah “sistem informasi manajemen”. Beberapa penulis cenderung memilih istilah seperti “sistem pengolahan informasi”, “sistem informasi/keputusan”, atau sekedar “sistem informasi” sehubungan dengan sistem pengolahan informasi berdasarkan komputer yang dirancang untuk mendukung fungsi operasi manajemen, dan keputusan sebuah organisasi.
Sebuah organisasi mengadakan transaksi-transaksi dan aktivitasnya yang harus diolah agar dapat menjalankan kegiatan sehari-hari. Dalam dunia bisnis dan pendidikan misalnya; daftar gaji harus disiapkan, penjualan dan pembayaran atas perkiraan kebutuhan yang harus dibutuhkan, potensi pendidikan, peluang pengembangan dll:
Hal tersebut adalah kegiatan pengolahan data dan dianggap hanya pekerjaan juru tulis yang mengikuti suatu prosedur standar tertentu. Komputer bermanfaat untuk tugas semacam ini, tetapi sebuah sistem informasi manajemen melaksanakan pula tugas lain dan lebih dari sekedar sistem pengolahan data. Sistem pengolahan informasi adalah yang menerapkan kemampuan komputer untuk menyajikan informasi bagi manajemen digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida di mana lapisan dasarnya terdiri dari informasi untuk pengolahan data, transaksi, penjelasan status, dan lain sebagainya, lapisan berikut terdiri dari sumber-sumber informasi dalam mendukung operasi manajemen sehari-hari, lapisan ketiga terdiri dari sumber sistem informasi untuk membantu perencanaan taktis dan pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen dan lapisan puncak terdiri dari sumber daya informasi untuk mendukung perencanaan dan perumusan kebijakan oleh tingkat manajemen.
Definisi sebuah sistem manajemen, istilah yang dikenal umum masyarakat adalah sebuah sistem manusia / mesin yang terpadu (integrated), untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman,model, mamajemen, keputusan dan sebuah “data base”.

Tidak ada komentar: