Jumat, 19 November 2010

Model Umum Perusahaan

Model umum perusahaan terdiri atas, yaitu :
• Sistem Fisik, dimana juga memiliki output sebagai berikut:
 a. Arus Material
Pada perusahaan manufaktur, dua area fungsional terlibat dalam arus material. Fungsi manufaktur mengubah bahan mentah menjadi barang jadi, dan fungsi pemasaran mendistribusikan produk jadi kepada para pelanggan.
 b. Arus Personil
Input personil berasal dari lingkungan. Biasanya di proses oleh fungsi sumber daya manusia kemudian di tugaskan ke berbagai are fungsional.
 c. Arus Mesin
Diperoleh dari pemasok, biasanya berada di perusahaan untuk jangka waktu yang lama – tiga sampai dua puluh tahun atau lebih.
d. Arus Uang
Diperoleh dari pemilik, menyediakan modal investasi, dan dari para pelanggan perusahaan yang memberikan pendapatan penjualan.

 • Sistem Konseptual, terbagi atas :
a. Sistem Lingkaran
Terbuka Sistem lingkaran terbuka disebut juga mekanisme pengendalian. Mungkin hanya sedikit perusahaan yang menggunakan sistem lingkaran terbuka.
b. Sistem Lingkaran Tertutup
adalah suatu sistem yang memiliki lingkaran umpan balik dan mekanisme pengendalian. Sistem ini dapat mengendalikan output dengan membuat penyesuaian pada inputnya.
c. Pengendalian Manajemen
Pada pengendalian ini mempunyai tujuan yaitu menghasilkan sejumlah hasil output, suatu ukuran output merupakan bagian integral dari pengendalian sistem.
d. Pengolah Informasi
Pengolah informasi adalah mekanisme yang menghasilkan informasi.
e. Dimensi – dimensi Informasi:
o Relevansi;
o Akurasi;
o Ketepatan waktu;
o Kelengkapan.

Tidak ada komentar: