Jumat, 05 November 2010

Sistem Manajemen Informasi Sebagai Sumberdaya

Sistem Manajemen informasi sebagai sumberdaya antara manusia/mesin berdasarkan komputer

Pada dasarnya setiap manusia dapat membahas sistem informasi manajemen tanpa komputer, tetapi adalah kemampuan komputer yang membuat SIM terwujud. Persoalannya bukan dipakai atau tidaknya komputer dalam sebuah sistem informasi manajemen, tetapi adalah sejauh mana berbagai proses akan dikomputerkan. Gagasan suatu informasi/keputusan berdasarkan komputer tidak berarti automatisasi total. Konsep sistem manusia/mesin menyiratkan bahwa sebagian tugas dilaksanakan oleh manusia dan lainnya dilakukan oleh mesin. Dalam sebagian besar persoalan manusia dan mesin membentuk sebuah sistem gabungan dengan hasil yang diperoleh melalui serangkaian dialog dan interaksi antara komputer dan seorang manusia pengolah.
Interaksi manusia/mesin diperkaya melalui “on-line” dimana terminal masukan/keluaran (input-output) dihubungkan pada komputer untuk memberikan masukan dan pengeluaran langsung pada penerapan dari keadaan semacam itu. Operasi on-line diperlukan untuk dialog manusia/mesin, tetapi ada banyak tugas pengolahan juru tulis yang lebih efisien tanpa masukan/keluaran terminal.
Kenyataan bahwa sebuah SIM adalah berdasarkan komputer berarti para perancang harus memiliki pengetahuan cukup mengenai komputer dan penggunaannya dalam pengolahan informasi. Perancang sebuah sistem informasi manajemen harus memahami kemampuan manusia sebagai pengolah informasi dan perilaku manusia dalam pengambilan keputusan.

Tidak ada komentar: